Rabu, 16 Oktober 2013

METODE METODE PENELITIAN DALAM PSIKOLOGI

Sebagai disiplin ilmu pengetahuan, psikologi dipandang memenuhi syarat – syarat keilmuan. Objek studi psikologi dipelajari secara sistematik menggunakan metode yang menjamin keobjektivitas pengambilan kesimpulannya.
Berikut beberapa contoh metode – metode psikologi :
1.      Metode Eksperimental
Cara ini dilakukan biasanya di dalam laboratorium dengan mengadakan berbagai eksperimen. Peneliti mempunyai control sepenuhnya terhadap jalannya suatu eksperimen. Yaitu menentukan akan melakukan apa pada sesuatu yang akan diteilitinya, kapan akan melakukan penelitian, seberapa serig melakukan penelitiannya, dan sebagainya.
2.      Metode Observasi Ilmiah
Pada observasi ilmiah, suatu hal pada situasi – situasi yang ditimbulkan tidak dengan sengaja. Melainkan dengan proses ilmiah da secara spontan. Metode observasi dalam psikologi banyak dilakukan untuk mempelajari tingkah laku. Observasi alamiah ini dapat diterapkan pula pada tingkah laku yang lain, misalnya saja : tingkah laku orang – orang yang berada di toko serba ada, tingkah laku pengendara kendaraan bermotor di jalan raya, tingkah laku anak yang sedang bermain, perilaku orang dalam bencana, dsb.
3.      Metode Sejarah Kehidupan (Biografi)
Merpakan metode tulisan tentang kehidupan seseorang yang merupakan  riwayat hidup. Dalam biografi, orang menguraikan tentang keadaan, sikap – sikap ataupun sifat – sifat lain mengenai orang yang bersangkutan.
4.      Metode Interview
Merupakan metode penelitian dengan menggunakan pertanyaan – pertanyaan yang diberikan secara lisan.
5.      Metode Angket / Kuesioner
Kuesioner sering pula disebut angket yaitu metode penelitian dengan menggunakan daftar pertanyaan atau penyataan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh orang yang menjadi subjek dari penelitian tersebut.

6.      Metode Testing / Psikotes
Metode ini menggunakan alat – alat psikodiagnostik tertentu yang hanya dapat digunakan oleh para ahli yang benar – benar sudah terlatih. Alat – alat itu dapat dipergunakan untuk mengukur dan untuk mengetahui taraf kecerdasan seseorang, arh minat seseorang, sikap seseorang, struktur kepribadian seseorang, dan lain – lain dari orang yang diperikasa itu.
7.      Metode Cross Sectional
Metode penelitian yang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama didalam melakukan penelitian. Dengan metode ini dalam waktu yang relatif singkat dapat disimpulkan bahan yang banyak.
8.      Metode Analisis karya
Merupakan suatu metode penelitian yang dengan mengadakan analisi dari hasil karya.
9.      Metode Analisis Karya
Metode penelitian yang dengan mengadakan analisis hasil karya.

10.  Metode Klinis Metode ini mula – mula timbul dalam lapangan klinik untuk mempelajaru keadaan orang – orang yang jiwanya terganggu (abnormal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar