Judul Buku : Pendidikan Neomodernisme Islam (telaah Pemikiran Fazlur Rahman)
Pengarang : M. Rikza Chamami, M.Si.
Penerbit : Walisongo Press
Tahun Terbit : 2010
Tebal Buku : 224
Peresensi ( Mahasiswa ) : Fazka Khoiru Rijal
Buku Pendidikan Neomodernisme karangan Rikza Chamami memuat pemikiran dari seorang Fazlur Rahman membahas masalah neomodernisme dalam pendidikan. Neomodernisme itu sendiri yakni suatu paham yang berusaha mendekonstruksi pemahaman yang sudah mapan sebelumnya, juga neomodernisme diartikan sebagai mazhab pemikiran yang berusaha memadukan antara otentitas teks dengan realitas sosial yang dinamis.
Pengarang : M. Rikza Chamami, M.Si.
Penerbit : Walisongo Press
Tahun Terbit : 2010
Tebal Buku : 224
Peresensi ( Mahasiswa ) : Fazka Khoiru Rijal
Buku Pendidikan Neomodernisme karangan Rikza Chamami memuat pemikiran dari seorang Fazlur Rahman membahas masalah neomodernisme dalam pendidikan. Neomodernisme itu sendiri yakni suatu paham yang berusaha mendekonstruksi pemahaman yang sudah mapan sebelumnya, juga neomodernisme diartikan sebagai mazhab pemikiran yang berusaha memadukan antara otentitas teks dengan realitas sosial yang dinamis.
Menurut buku ini neomodernisme mencoba untuk
memberikan revisi atas pola pendidikan yang sangat sekuler-rasional. Jadi
neomodernisme pendidikan Islam adalah proses penanaman nilai edukatif dengan
jalur kombinasi tradisi dan modernisasi.
Fazlur Rahman membagi Islam menjadi dua yaitu
Islam Normatif dan Islam Historis, pertama, Islam Normatif adalah ajaran
Islam yang merupakan doktrin-doktrin yang berdasarkan pada al-Qur’an dan
al-Sunnah yang sifatnya mutlak dan abadi, kedua, Islam historis adalah
ajaran Islam yang difahami dan dipraktekkan oleh umat yang kemudian melahirkan
peradaban Islam sepanjang sejarah Islam yang bersifat relatif dan kondisional.
Pendapat Fazlur Rahman mengenai konsep
pembaharuannya adalah pendidikan, semua pembaharuan yang dilakukan oleh Islam
haruslah dimulai dari aspek pendidikan, pendidikan merupakan aktor terpenting
dalam kehidupan, karena menurutnya, Islam membutuhkan aktualisasi terhadap
keilmuannya, reaktualisasi tradisi keilmuan Islam juga menurutnya berarti
menghidupkan kembali tradisi keilmuan.
Oleh karena itu, buku karangan dosen IAIN
Walisongo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini sangat dibutuhkan bagi siapa
saja dari semua kalangan yang ingin menginginkan cara perubahan pendidikan
dengan mengacu kepada telaah pemikiran Fazlur Rahman. Buku yang mempunyai
ketebalan 224 ini telah memberikan banyak teori dan cara untuk mewujudkan
pendidikan di zaman tradisional dan modern.
Dengan tanpa mengurangi rasa hormat kami
kepada bapak Rikza Chamami yang telah membimbing perkuliahan KTI, kami ucapkan
rasa terima kasih yang banyak. Harapan kami khususnya peresensi agar kita dapat
menjadi “youth today as a leader for tomorrow”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar